7 Planet Terunik Angkasa Raya


1)Planet 51 Pegasi b

Planet 51 Pegasi b adalah exoplanet pertama yang ditemui para pemburu planet pada 1990. Planet yang mirip dengan Jupiter ini diberi nama Bellerphon.




2)Gliese 581 C

Gliese 581 C adalah exoplanet yang ketika ini banyak menarik perhatian para ilmuwan di seluruh dunia.Planet terkecil di luar sistem surya ini berada di "zona aman".

Planet ini terletak tidak terlalu jauh mahupun terlalu dekat dengan bintangnya, sama seperti kedudukan bumi kita dengan matahari. Penemuan ini menaikkan probabiliti terdapat air atau kehidupan di sana. Planet ini 50 % lebih besar dari bumi.


3)Planet HD 189733b

Planet HD 189733b adalah planet pertama yang atmosfernya dihidu oleh para ilmuwan. Mereka menganalisis cahaya dari sistem bintang planet itu, astronomi mengatakan atmosfira planet tersebut terlindung oleh kabus tebal sama dengan butiran pasir.


Dikhabarkan,air tidak terdapat di planet tersebut. Namun, mereka mendakwa ada kehidupan di sebalik kabus tebal itu.


4)Planet Epsilon Eridani b

Berjarak hanya 10,5 tahun cahaya, Epsilon Eridani b adalah exoplanet terdekat dengan bumi. Planet tersebut mengorbit jauh dari bintangnya sehingga air atau kehidupan mustahil ada.


5)Planet Planemos

Terdapat sejumlah exoplanet yang memiliki bintang atau matahari lebih dari satu, bahkan hingga memiliki tiga matahari. Lain halnya pula dengan planet Planemos. Planet tersebut hanya "mengambang" begitu saja tanpa mengitari bintang apa pun.


6)Planet SWEEPS-10

Planet SWEEPS-10 hanya berjarak 740.000 mil dari bintangnya.Planet yang disebut ultra-short- period planets (USPPs) ini hanya memerlukan waktu kurang dari satu hari untuk mengorbit. Satu tahun di sana sama dengan sepuluh jam di bumi.


7)Planet primeval world

Planet primeval world ini adalah planet yang tertua berumur kurang lebih 12,7 milion tahun.Penemuan ini menimbulkan tandatanya bahawa kehidupan mungkin terjadi lebih awal dari yang diduga selama ini.(Jangan dok percaya bulat2 sangat dengan statement macam ni!)

Share on Google Plus

About Unknown

berasal dari sg. petani kedah dan merupalan pereka laman web dan blogger sepenuh masa.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment